Baitulmal Tazkia Salurkan Hewan Qurban Untuk Masyarakat Banyuasih Cigudeg Bogor

Hari Raya Idul Adha tahun ini, memang cukup berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya. Kita masih dihadapakan pada ujian pandemi Coronavirus Disease 19 (Covid-19) yang masih berkelanjutan. Tetapi, kondisi tersebut ternyata tidak menyurutkan langkah para pekurban untuk melaksanakan kurban di tahun ini. Rasa antusias ternyata tidak menyurutkan bagi yang berkurban.

Alhamdulillah kali ini tim Qurban Untuk Pelosok Negeri Baitulmal Tazkia, kembali berkesempatan menjadi jembatan bagi para donatur untuk menyalurkan daging Qurban untuk mereka kaum papa, lebih khusus mereka para masyarakat terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyrakat (PPKM). Penyaluran hewan Qurban disalurkan di Desa Banyuasih, Kec Cigudeg Kab Bogor pada Rabu (21/07).

Penyembelihan dan pendistribusian hewan Qurban tepatnya dilaksanakan di Pondok Pesantren Qoriyah Toyibah Al-Mugni. Senyum Bahagia dari para Santri dan masyarakat sekitar ketika Tim Baitulmal Tazkia membawa hewan Qurban. “Karna untuk makan daging para santri atau masyarakat disini jarang, bisa diperkirakan 1 tahun 2 kali saja ketika idul Fitri atau idul Adha“, tutur Ust Suhrowardi.

ia melanjutkan rasa terima kasih kepada Baitulmal Tazkia yang sudah membantu santri dan para masyarakat sekitar.

Kami bersyukur tahun ini ada hewan Qurban untuk santri dan masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Donatur dan Baitulmal Tazkia telah perhatian kepada kami masyarakat disini kami doakan semoga hewan kurban yang telah di berikan mendapatkan keberkahan untuk para donatur dan kebermanfaatan untuk kami santri dan masyarakat.” Imbuh Ust Suhrowardi(44).

Selama pemotongan hewan Qurban seluruh tim Qurban Untuk Pelosok Negeri menerapkan protokol kesehatan ketat, diantaranya mengenakan doubel masker,mencuci tangan dan menjaga jarak. Dan tidak lupa pula menggunakan peralatan yang sudah disterilkan dengan disinfektan. Selain itu para petugas pemotongan hewan Qurban pun terbatas guna meminimalisir kerumunan. 

Terima kasih banyak kepada para donatur yang sudah berpartisipasi dalam program “Qurban Untuk Pelosok Negeri” Mudah Qurban-nya, Luas Manfaatnya Baitulmal Tazkia. Semoga harta yang didonasikan dapat berbuah keberkahan di Sisi Allah SWT, dan bermanfaat untuk para penerima manfaat program ini. Aamiin…

Terus Bergerilya, Tim Satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia Salurkan Bantuan Pangan Pasien Isoman

Sejak awal lonjakan kasus Covid-19 mencuak di Indonesia. Tim satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia terus bergerak menyalurkan bantuan pangan untuk para pasien dan penyintas Covid-19 di wilayah Bogor.

Rabu (29/07) tim Satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia kembali menyalurkan bantuan pangan untuk para pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri. Kali ini, tim satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia menyasar para mahasiswa yang kurang mampu dan jauh dari keluarga.

Salah satu penerima manfaatnya, Ibnu. Mahasiswa asal Cirebon ini, merantau sendiri ke Bogor tanpa ada sanak famili. Guna menyelesaikan tugas akhirnya ia harus tetap bertahan di Bogor dan terpapar virus Covid-19. Sudah satu pekan ia melaksanakan isolasi mandiri.

“Terima kasih banyak Baitulmal Tazkia dan para donatur sudah peduli kepada saya, untuk membantu proses isolasi mandiri” tutur Ibnu mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah.

Selain Ibnu, Yudha juga mahasiswa yang masih harus berjuang dalam menyelesaikan tugas magangnya harus tetap bertahan di Bogor, dan terpapar Covid-19.

Saat ditemu di depan kosannya, Yudha menceritakan bagaimana ia harus berjuang melawan Covid-19

“Saturasi saya turun dibawah 94 dan saya dibawa ke empat Rumah Sakit, tapi tidak bisa ditangani karena keterbatasan ruangan” ucap Yudha.

“Alhamdulillah setelah berkali-kali mencari rumah sakit, akhirnya saya mendapatkan penanganan di RS Azra Bogor. Setelah mendapatkan penanganan dan mendapatkan obat, saya direkomendasikan untuk melanjutkan isolasi mandiri di kosan” Imbuh Yudha saat di temui tim Satgas Covid 19 Baitulmal Tazkia di tempat isolasinya

Asep selaku ketua tim Satgas Covid-19 menuturkan “Bantuan pangan yang disalurkan tim Satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia adalah bentuk support bagi saudara-saudara kita yang tengah berjuang melawan covid 19”



Sahabat Baitulmal Tazkia, juga dapat turut andli membantu mereka kaum dhuafa yang terdampak Covid-19 atau yang terpapar oleh virus Covid-19.

Dengan cara berdonasi melalui klik di sini

Atau melalui rekening kami Baitulmal Tazkia.

Bank Syariah Indonesia (BSM) : 7092-233345

Sertakan angka “45” diakhir donasi anda, ex : 50.045 Kode unik tersebut sudah termasuk donasi anda.

Bantu Warga Isolasi Mandiri, Tim Satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia Salurkan Oksigen Gratis!

Sudah hampir dua pekan lebih masyarakat Indonesia kesulitan mendapatkan oksigen, hal ini terjadi di banyak daerah seperti halnya di wilayah Jabodetabek. Kelangkaan oksigen ini tidak lain dipengaruhi oleh melonjaknya kasus Covid-19. Bagi mereka yang berpenghasilan kebawah dan terpapar virus Covid-19 sudah seperti jatuh ditimpa tangga.

Baitulmal Tazkia selalu merespons kebutuhan masyarakat bawah, terlebih pada kondisi harus memaksakan mereka melakukan Isolasi Mandiri (ISOMAN). Menyalurkan oksigen gratis, sembako gratis, hingga advokasi rujukan bagi penyintas Covid-19 pun dilakukan oleh Baitulmal Tazkia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian kepada masyarakat dhuafa yang harus tetap bertahan saat situasi sulit seperti ini.

Salah satu penerima manfaatnya yaitu Pak Suradi (50). Warga Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, yang kesehariannya bekerja serabutan dan harus menghidupi keluarganya. Sudah satu minggu lebih laki-laki paruh baya itu melakukan isolasi mandiri.

“Saya sudah dari minggu lalu Mas, tepatnya tanggal 19 Juli saya sudah merasakan gejala-gejalanya, saat dicek antigen hasilnya positif” Ucap Suradi.

Dengan sigap, tim Satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia menyalurkan oksigen gratis kepadanya. Penyaluran yang dilakukan tim Satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia, selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya, menggunakan masker dua lapir, menjaga jarak dengan penyintas Covid-19 serta selalu mencuci tangan dengan sabun.

“Alhamdulilah cepat direspons oleh tim Satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia. Saya berterima kasih atas bantuan nya sangat-sangat bersyukur bisa dibantu semoga bisa menjadi ladang pahala untuk Baitulmal Tazkia dan para donatur” Tutup Suradi saat ditemui di rumah kontrakannya dengan menjaga jarak lima meter dengan tim Satgas Covid-19 Baitulmal Tazkia.


Sahabat Baitulmal Tazkia, juga dapat turut andli membantu mereka kaum dhuafa yang terdampak Covid-19 atau yang terpapar oleh virus Covid-19.

Dengan cara berdonasi melalui klik di sini

Atau melalui rekening kami Baitulmal Tazkia.

Bank Syariah Indonesia (BSM) : 7092-233345

Sertakan angka “45” diakhir donasi anda, ex : 50.045 Kode unik tersebut sudah termasuk donasi anda.

Bakrie Amanah dan Baitulmal Tazkia Salurkan Kado Lebaran Kepada Keluarga Duafa dan Ibu Tangguh.

Rabu, 12 Mei 2021. Baitulmal Tazkia menyalurkan amanah yang telah diberikan oleh Bakrie Amanah kepada penerima manfaat yang di berikan kepada Duafa, sebaran wilayah penerima manfaat diantaranya Kp, Poncol Desa Susukan Kec Bojong Gede Kabupaten, Bogor, Kp Cibuluh Desa Gobang Kec Rumpin Kab Bogor, Kp Sadeng Kaum Desa Cibanteng Kec Leuwisadeng Kab Bogor dan Kelurahan Pasir Putih Kec Sawangan Kota Depok.

Dalam acara Ramadhan tahun ini Bakrie Amanah dan Baitulmal Tazkia salurkan paket sembako untuk Ibu Tangguh, dimana program ini bertujuan untuk memberikan kebahagiaan di Bulan Suci Ramadhan, berbagi dengan mereka (Dhuafa) yang kurang mampu dalam menghadapi hari Raya Idul Fitri 1442 H dan meringankan beban para Dhuafa (Penerima Manfaat) dimana kita masih menghadapi wabah Covid 19 yang mana para penerima manfaat lebih susah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pekerjaan yang tidak menentu serta kepastian berakhirnya Pandemi membuat para penerima manfaat tentunya berat dalam menghadapi kebutuhan, maka dari itu Bakrie Amanah dan Baitulmal Tazkia berikhtiar dalam program tersebut.

‘”Alhamduliah kami dapat bantuan sembako yang di berikan oleh Bakrie Amanah dan Baitulmal Tazkia, kami sangat bersyukur kepada Allah SWT dan berterimakasih kepada Bakrie Amanah dan Baitulmal Tazkia, bantuan ini sangat membantu kami. Kami berdoa untuk para donatur semoga mendapat Ridho Allah SWT. Aamiin..” Sopiyah 61th.

Demikian yang dapat kami sampaikan semoga dengan adanya deskripsi mengenai amanah penyaluran yang telah kami sampaikan dapat memberi sedikit gambaran tentang penyaluran kami kepada penerima manfaat. Semoga Bakrie Amanah dapat menjadi lembaga yang lebih besar dan banyak menebarkan kebaikan dan manfaat untuk orang-orang yang membutuhkan diluar sana semoga segala kebaikan yang Bapak/Ibu berikan mendapat keberkahan dan mendapatkan balasan yang sebaik-baiknya oleh Allah SWT. Aamiin Allahhumma Aamiin.

TEBAR 1.000 TA’JIL BUKA PUASA, BAITULMAL TAZKIA BERSAMA LAZNAS BSMU

Pada Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dimana pahala kebaikan akan dilipat gandakan dan doa-doa dikabulkan, maka dari itu marilah kita bersama-sama memperbanyak amal dan ibadah kita, salah satu amal kebaikan di Bulan Ramdhan adalah memberikan ta’jil berbuka puasa kepada orang lain.


“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

Pada kesempatan kali ini Baitulmal Tazkia menyalurkan amanah yang telah diberikan oleh LAZNAS BSMU berupa “Paket ta’jil untuk berbuka puasa” yang dilakanakan pada hari Senin, 10 Mei 2021. Kegiatan ini sangat disambut antusias oleh penerima manfaat yang telah kami sebar dengan wilayah sebagai berikut;

  • Pondok Pesantren Latar Hati Sawangan, Depok yaitu pada Acara berbuka puasa santri dan satunan untuk yatim dan dhuafa sejumlah 150 penerima manfaat.
  • Masjid Al-Ikhlas, Sawangan yaitu pada Acara berbuka puasa beserta santunan untuk yatim dan janda dhuafa dengan jumlah 150 penerima manfaat.
  • Masjid Ar-Rojam, Depok yaitu pada Acara berbuka puasa bersama komunitas goes depok beserta santunan untuk yatim dan dhuafa sejumlah 150 penerima manfaat.
  • Sentul City, Bogor memberikan paket berbuka kepada satpam dan penyapu jalan sentul city sejumlah 50 penerima manfaat.
  • Budi Agung memberikan paket berbuka kepada tukang ojek pengkolan tukang parker sejumlah 50 penerima manfaat.
  • Cibinong, Cikaret memberikan paket berbuka kepada tukang parker, ojek online, dan pedagang asongan sejumlah 50 penerima manfaat.

Paket berbuka puasa yang telah disalurkan kepada masing-masing wilayah tersebut mendapat pujian serta rasa syukur yang tiada hentinya dapat memberikan paket berbuka puasa mulai dari santri, yatim piatu, dhuafa, janda serta para pekerja keras diluar sana, mereka turut mengucapkan rasa syukur dan terimakasih yang sangat mendalam kepada para Donatur yang telah memberikan paket berbuka puasa bagi mereka yang telah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, semoga paket ta’jil berbuka puasa yang telah diberikan oleh donatur menjadi amal jariyah dan kebaikan yang terus mengalir.

Demikian yang dapat kami sampaikan semoga dengan adanya deskripsi mengenai amanah penyaluran yang telah kami sampaikan dapat memberi sedikit gambaran tentang penyaluran kami kepada penerima manfaat. Semoga LAZNAS BSMU dapat menjadi lembaga yang lebih besar dan banyak menebarkan kebaikan dan manfaat untuk orang-orang yang membutuhkan diluar sana semoga segala kebaikan yang Bapak berikan mendapat keberkahan dan mendapatkan balasan yang sebaik-baiknya oleh Allah SWT. Aamiin Allahhumma Aamiin.

Majelis Tekomsel Taqwa dan Baitulmal Tazkia Peduli Penggali Makam di Bogor

Rabu (13/05) Majelis Telkomsel Taqwa bersama Baitulmal Tazkia menyalurkan paket sembako untuk para penggali makam di Kota serta Kabupaten Bogor. Terdapat lima Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang menjadi titik penyaluran tim program. Titik tersebut meliputi : TPU Kayumanis, TPU Situ Gede, TPU Mulyaharja Kota Bogor, TPU Kp Cibuluh, TPU Kp Sadeng Kaum Leuwiliang Kab. Bogor.

Penyaluran program ini bertujuan untuk membantu para penggali makam, baik penggali makam yang memangani pemakaman jenazah pasien Covid-19 maupun penggali makam pada umumnya.

“Kami menyadari betul akan hal ini, dimana para penggali makam khususnya penggali makam jenazah pasien Covid-19 masih kurang diperhatikan oleh Pemerintah. Oleh karena itu, kami tergerak untuk membantu mereka” Tutur Asep tim program yang menangani pendistribusian program penggali makam itu.

Ditemui di lokasi penyaluran tepatnya di TPU Kayumanis, Jaelani (42) salah satu penggali makam, menuturkan bahwa selama menjadi penggali makam, memang masih kurang diperhatikan.

“Alhamdulillah, ada MTT dan Baitulmal Tazkia yang peduli pada kami. Karena selama ini dari sisi pemerintah kota pun masih kurang perhatiannya terhadap profesi kami, adapun gaji juga sangat jauh dibawah UMR” Ucap laki-laki yang menjadi tulang punggung untuk tiga orang anaknya.

“Terlebih saat kondisi seperti ini, banyak sekali para jenazah pasien Covid-19 di makamkan di sini. Bagaimana pun resiko kami tertular sangatlah besar. Terima kasih banyak Majelis Telkomsel Taqwa dan Baitulmal Tazkia” Ibuh Jaelani.

Sebanyak 40 penggali makam di Kota dan Kabupaten Bogor ini menerima manfaat berupa sembako dari Majelis Tekomsel Taqwa dan Baitulmal Tazkia ini.

Pemerintah kota Bogor secara resmi menetapkan tiga TPU di Kota Bogor untuk menangani pemakaman jenazah pasien Covid-19, diantara tiga tersebut yaitu TPU Kayumanis, TPU Situ Gede dan TPU Mulyaharja.

Terima kasih banyak kepada para donatur yang sudah berpartisipasi dalam program peduli 1.000 penggali makam Baitulmal Tazkia. Semoga harta yang didonasikan dapat berbuah keberkahan di Sisi Allah SWT, dan bermanfaat untuk para penerima manfaat program ini.

Antusias! Bazar Ramadhan Hebat Baitulmal Tazkia di Kec Rumpin Bogor

Rabu (05/05) Baitulmal Tazkia menyelenggarakan Bazar Ramadhan Hebat di kampung Palias, Desa Rabak Kec Rumpin Kab Bogor. Acara ini berlangsung di pondok pesantren Nurul Iman dengan penuh antusias masyarakat menyambut hangat dengan program ini. Acara yang dibuka dengan Bazar Murah Pakaian Baru dan Layak Pakai untuk masyarakat sekitar. Selain bazar pakian murah, Baitulmal Tazkia juga mengadakan bazar sembako murah.

“Bazar Murah ini, memang kami adakan untuk para masyarakat dengan taraf ekonomi dibawah. Mengadvokasi untuk dapat merasakan hangatnya Lebaran seperti halnya kita. Mengenakan pakian baru dan dapat membeli bahan sembako untuk menyambut lebaran Idhul Fitri 1442H” Tutur Asep selaku tim program Baitulmal Tazkia.

Bazar murah Ramadhan Hebat Baitulmal Tazkia, diberikan dengan harga mulai dari Rp. 5.000 untuk pakaian layak pakai dan baru. Serta harga Rp. 20.000 untuk paket sembako komplit Baitulmal Tazkia.

Selain mengdakan bazar pakaian dan sembako murah, Baitulmal Tazkia juga turut memberikan langsung bingkisan paket sembako untuk para ibu tangguh yaitu para janda-janda yang harus tetap menghidupkan anak-anaknya.

Acara dilanjut dengan kajian bersama yang di isi oleh Ust. Mad Roi S.Pd, dan mengundang para penggali makam di wilayah Desa Rabak, Desa Rumpin Kecamatan Rumpin serta Desa Banyuasih Kec Cigudeg Kab Bogor. Bekerja dengan Mandiri Amal Insani, Baitulmal Tazkia juga membagikan bingkisan sembako dan pakaian ibadah untuk para penggali makam.

Sebanyak 32 Penggali makam menerima program peduli 1.000 penggali makam dari Mandiri Amal Insani dan Baitulmal Tazkia.

Ditemui di tempat yang sama, Ibu Enung penerima manfaat program Bazar Ramadhan Hebat mengaku bahagia dengan adanya program dari Baitulmal Tazkia,

“Alhamdulillah, bazar Ramadhan ini membuat saya bahagia, karena mendapatkan paket sembako sangat murah dan mendapatkan pakian-pakaian yang bagus dan layak pakai”

Selain bu Enung, Pak Haer penerima manfaat program peduli penggali makam menuturkan hal sama, bahagia mendapatkan bingkisan dari Mandiri Amal Insani dan Baitulmal Tazkia, “Terima kasih banyak Mandiri Amal Insani dan Baitulmal Tazkia, yang sudah peduli kepada kami, para penggali makam”

Mandiri Amal Insani dan Baitulmal Tazkia Launching Program Peduli 1.000 Penggali Makam

Jum’at (30/04) Mandiri Amal Insani selaku Lembaga Amil Zakat Nasional dibawah naungan Bank Mandiri berkolaborasi bersama Baitulmal Tazkia mengadakan program bersama, Peduli 1.000 Penggali Makam.

Program tersebut resmi Launching pada Jum’at (30/04) di TPU Penarikan Kelurahan Pasir Putih, Kec Sawangan Depok oleh perwakilan Mandiri Amal Insani, Deni Kurniawan, serta direktur Baitulmal Tazkia, Iwan.

Pada acara yang dilaksanakan setelah sholat Jum’at itu, dihadir pula oleh tokoh alim ulama setempat, serta perangkat kelurahan dan simbolis para Penggali makam di Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Acara yang dibuka dengan pembacaan dzikir Tahlil ini, di lakukan serah terima bingkisan kepada 20 Penggali Makam sebagai simbolis menerima bingkisan dari Mandiri Amal Insani dan Baitulmal Tazkia.

“Program Peduli kepada para Penggali Makam ini, sebetulnya sudah lama ada di Mandiri Amal Insani. Setelah kian lama Mandiri Amal Insani tidak berkolaborasi dengan Baitulmal Tazkia, Alhamdulillah pada Ramadhan tahun ini kami bisa berkolaborasi kembali dan membantu para Penggali makam” Tutur Deni Kurniawan saat memberi sambutan acara.

Iwan menambahkan, bahwa program peduli Penggali Makam ini merupakan program Ramadhan Hebat yang diselenggarakan oleh Baitulmal Tazkia pada bulan Ramadhan tahun ini.

“Kami memang prihatin dengan kondisi para Penggali Makam, terlebih pada kondisi saat ini, dimana wabah Covid-19 melanda. Padahal kepada mereka, para Penggali Makam ini, yang akan mengurus kita kelak jika sudah tiada nanti. Tempat terakhir kita berlabuh mereka yang akan mengurusnya” Tutur direktur Baitulmal Tazkia tersebut.

“oleh karena itu, pada Ramadhan tahun ini, di Ramadhan yang Hebat. Kami harap dapat membantu mereka, Penggali Makam” Imbuh Iwan.

Ditemui di tempat yang sama, Fahru Rozi selaku ketua RW 02 di kelurahan Pasir Putih, mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur Mandiri Amal Insani dan Baitulmal Tazkia.

“Saya sebagai perwakilan dari para Penggali makam, dan perangkat kelurahan disini, mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur yang telah meyisihkan hartanya untuk kami, para Penggali Makam. Semoga para donatur selalu di jaga kesehatan dan selalu di berkahi hartanya” tutur Fahru Rozi.

Mandiri Amal Insani dan Baitulmal Tazkia dalam waktu kedepan akan membagikan 1.000 bingkisan kepada para Penggali makam di wilayah Jabodetabek dan Kab Cianjur.

YBM PLN dan Baitulmal Tazkia Launching Program Ketahanan Pangan Untuk Santri Penghafal Al Qur’an dan Guru Ngaji

Yayasan Baitulmaal PLN (YBM PLN) bersama Baitulmal Tazkia menyalurkan bantuan pangan ke pesantren-pesantren tradisional. Bantuan pangan yang disalurkan merupakan bantuan pangan berupa beras. Mengangkat tajuk Beras Cahaya, sebanyak 8,5 ton beras siap disalurkan ke pesantren-pesantren untuk santri penghafal Al Qur’an dan guru ngaji dalam kurun waktu enam bulan kedepan.

Terdapat tiga pesantren tradisional yang akan menerima program sedekah Beras Cahaya itu. Pesantren Qoryyah Thoyibah Al Mughni di Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg; Shoutul Fataa di Bojonggede dan Pesantren Latar Hati di Sawangan, Kota Depok. Ketiga pesantren di Jawa Barat tersebut, memang tidak memberatkan santri-santrinya untuk biaya pendidikan di pesantren tersebut.

Sementara launching Program Ketahanan Pangan di Pondok Pesantren Qoryyah Thoyibah Al Mughni ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg, Direktur Eksekutif YBM PLN, Salman Al-Farsi, Direktur Baitulmal Tazkia Iwan dan perwakilan pesantren penerima program ketahanan pangan serta ulama setempat.

Program tersebut resmi dilauching langsung Direktur Eksekutif YBM PLN, Salman Al-Farsi, Direktur Baitulmal Tazkia dan pimpinan pondok pesantren. Sebanyak 271 penerima manfaat menerima program ketahanan pangan untuk santri penghafal Al Qur’an dan guru ngaji.

Iwan selaku pimpinan Baitulmal Tazkia menuturkan bahwa program ketahanan pangan untuk pesantren-pesantren di pelosok dan tradisional adalah salah satu sektor yang terdampak wabah Covid-19. “Sejak pandemi melanda bangsa ini juga seluruh dunia semua masyarakat terdampak Covid-19,” katanya.

Tidak hanya di bidang kesehatan dan sosial lanjutnya, pada ekonomi masyarakat selain masyarakat umum juga dan khususnya di masyarakat pondok pesantren yang terutama yang berada di pelosok yang memang awalnya sudah ada donaturnya. “Namun sejak pandemi saat ini mereka sulit juga untuk membantu pesantren-pesantren yang kategorinya adalah pesantren tradisional,” ucap Iwan.

Pria berumur 42 tahun itu berharap sinergi YBM PLN dan Baitulmal Tazkia melalui program bantuan pangan untuk para santri penghafal Alquran dan juga guru ngaji. “Mudah-mudahan ini bisa membantu para santri penghafal Quran dan guru ngaji di beberapa pondok pesantren, dengan harapan program pangan para santri terpenuhi secara optimal,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif YBM PLN Salman Al – Farisi berharap amanah yang tersampaikan unuk para santri dan guru menjadi berkah. “Semoga menjadi keberkahan kepada para muzaki dan pegiat YBM PLN di seluruh penjuru negeri,” pungkasnya.

BAITULMAL TAZKIA ADAKAN WORKSHOP KERELAWANAN DAN ORIENTASI SAHABAT KEBAIKAN

Rabu (03/03) Alhamdulillah, Baitulmal Tazkia telah melaksanakan kegiatan Workshop Kerelawanan dan Orientasi kepada Sahabat Kebaikan di Cafe Studente Yasmin – Kota Bogor. Acara Workshop ini dihadiri oleh total 32 peserta, terdiri dari peserta online 11 peserta dan 21 peserta offline dengan merepakan protokol kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada relawan mengenai jati diri, prinsip dan keutamaan menjadi relawan dan mengambil peran dalam aksi-aksi kemanusiaan. Orientasi ditutup dengan acara pengukuhan anggota Sahabat Kebaikan 2021.

Terdapat dua sesi dalam workshop kerelawan dan orientasi sahabat kebaikan kali ini. Iwan selaku direktur Baitulmal Tazkia, membekali para relawan bahwa melalui dunia per-zakat-an, dunia sosial tidak akan membuat masa depan para relawan suram dan sempit akan rezeki. Namun dengan kita sering berbagi, maka Allah akan membukakan pintu rezeki dari arah yang tidak tertuga. Selain itu, Ia melanjutkan pemahaman terkait program-program yang ada pada lembaga Baitulmal Tazkia, dengan harapan dapat bersinergi antara lembaga dan para relawan.

Ahmad Zaky CEO Funder Gerak Bareng pun turut membekali para relawan Baitulmal Tazkia, pada sesi kedua itu ia menyampaikan bahwa Relawan Bukan Butuh Uang, Relawan Butuh Ruang. Ia menambahkan, bahwa jika relawan lebih banyak diberi ruang, akan membuka connecting atau relasi yang akan menunjang lembaga. Salah satu membuka commecting adalah melalui kerelawanan di sahabat kebaikan Baitulmal Tazkia  

Kami ucapkan selamat kepada teman-teman yang telah resmi menjadi anggota Sahabat Kebaikan. Semoga selalu Allah mudahkan dan teguhkan hatinya untuk bisa terus berbagi dan bermanfaat bagi masyarakat dan kalangan yang membutuhkan.

“Sungguh Allah berserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS An Nahl : 128)

SAHABAT KEBAIKAN, SATU KEBAIKAN BERIBU MANFAAT

Open chat
Assalamu'alaikum Sahabat Baitulmal Tazkia
Ada yang bisa kami bantu?

Chat kami di sini