Baitulmal Tazkia Sigap Bencana Banjir Bandang Gunung Mas, Bogor

Banjir bandang yang menerjang Gunung Mas, Kec Cisarua, Kab Bogor pada selasa (19/1) meninggalkan luka. Banjir bandang ini mengakibatkan 7 bangunan rusak dan memaksa ebanyak 714 warga mengungsi.

Alhamdulillah tim #SigapBencana Baitulmal Tazkia, pada Rabu (20/1) langsung turun menyalurkan bantuan untuk para pengungsi. Tim #SigapBencana Baitulmal Tazkia menyalurkan paket sembako, alat ibadah, obat-obatan, air mineral, hingga makanan siap saji.

Terimakasih banyak kepada para donator yang sudah bertarsipasi membantu saudara-saudara kita di Gunung Mas, Kec Cisarua, Kab Bogor. Mari kita bersama mendoakan untuk Indonesia agar selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin.

Ust Imam Multazam : Alhamdulillah, Wakaf Al Qur’an dari Baitulmal Tazkia mewujdukan cita-cita saya untuk mengajarkan Al Qur’an

Ust Imam Multazam, S.Pd. bertahun-tahun ia risau dengan keadaan lingkungan masyarakat sekitar, tepatnya anak-anak di desanya,ia risau melihat banyak anak-anak yang telah selesai pendidikan TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) namun membaca Al Qur’annya masih sedikit terbanta-banta dan tidak sesuai dengan makharijul hurufnya .

Sebagai lulusan pesantren terbesar di Jawa Tengah, kemudian melanjutkan pendidikan strata 1 di salah satu kampus Al Qur’an, selama masa perkuliahnya ia menghafal Al Qur’an secara nasab keilmuan Al Qur’annya jelas hingga Rasulullah SAW.

Kemudian pulang ke kampung halaman di desa Rembul Kec Bojong Kab Tegal, melihat kondisi tersebut ia merasa terpanggil untuk bertanggung jawab mengajarkan Al Qur’an sesuai dengan kaidah dan tuntunan agama.

“Saya merasa sedih, dan miris saat  orang tua saya memiliki madrasah diniyah awaliyah dan wustho, namun kualitas santri-santri untuk membaca Al Qur’annya masih kurang baik. Ini tanggung jawab saya sebagai orang yang tahu tentang Al Qur’an” Tutur ust Imam Multazam.

Baitulmal Tazkia melalui program wakaf Al Qur’an menyalurkan mushaf Al Qur’an untuk santri-santri Madrasah diniyah Awaliya dan Wustho Al Hikmah, dibawah naungan ust Imam Multazam, S.Pd.  Alhamdulillah wakaf Al Qur’an ini langsung dirasakan manfaatnya oleh 150 santri-santrinya.

“Dengan adanya program wakaf Al Qur’an dari Baitulmal Tazkia, Alhamdulillah saya sudah memulai cita-cita saya untuk mengabdikan diri kepada masyarakat melalui mengajarkan Al Qur’an kepada anak-anak di desa saya” Ucap Ust muda berumur 25 tahun itu.

Ust yang sudah memiliki Hafal Al Qur’an ini menambahkan

“Melalui program wakaf Al Qur’an Baitulmal Tazkia, Alhamdulillah para santri-santri di sini semakin semangat mempelajari Al Qur’an. Pengajian Al Qur’an ini dibagi menjadi dua tipe pengajian, yang pertama yaitu ba’da subuh santri-santri membaca Al Qur’an dengan dibimbing langsung oleh saya. Kemudian ba’da Isya santri-santri mengaji tafsir Al Qur’an yaitu menggunakan kitab tafsir Al Ibriz, di sanding dengan Al Qur’an dari Baitulmal Tazkia”

Mari, sahabat juga dapat berkontribusi dalam memberikan Al Qur’an untuk para santri-santri, donasi mulai dari Rp. 100.000/mushaf. Sahabat dapat turut membahagiakan ust dan santri-santri pondok pesantren.

Salurkan wakaf terbaik sahabat melalui : 7102-345678 a/n Yayasan Tazkia Wakaf, Sertakan kode “03” diakhir wakaf sahabat ex: Rp. 100.003 (kode unik termasuk donasi)

135 Pasien Positif Covid-19, Mendapatkan Bantuan Pangan Baitulmal Tazkia

Sebanyak 27 KK (Kepala Keluarga) atau 135 jiwa, masyarakat Sindang Barang Pengkolan kota Bogor terkonfirmasi Positif Covid-19. Mereka melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Banyak ditemui dalam satu rumah, semua anggota keluarganya terkonfirmasi positif Covid-19. Mulai dari kepala keluarga hingga balita positif Covid-19, hal ini membuat mereka tidak dapat beraktivitas seperti biasa dan tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Alhamdulillah Baitulmal Tazkia melalui program #SigapBencana menyalurkan paket sembako untuk 27KK yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pangesti selaku tim program Baitulmal Tazkia menjambarkan isian paket sembakonya.

“Alhamdulillah Baitulmal Tazkia dapat berbagi untuk para pasien positif Covid-19 melalui penyaluran bantuan pangan yang meliputi; Beras, Minyak, Terigu, Gula, Sarden, Garam, Kecap, dan Mie Instan”

Penyaluran bantuan pangan ini, dibantu dengan aparatur desa setempat ketua RW, Ketua RT dan maysrakat setempat. Penyaluran program bantuan pangan Baitulmal Tazkia, mendapatkan kesan positif dari aparatur desa.

“kami mengucapkan terimakasih banyak sekali kepada Baitulmal Tazkia yang telah memberi kemudahan dan bantuan sembako beras ini kepada warga kami, semoga para Donatur dan Baitulmal Tazkia dibalas kebaikan nya oleh Allah SWT berlipat ganda” Tutur Pak Qoyum selaku ketua RW 04 Sindang Barang Pengkolan Kota Bogor.

Terimakasih kepada donatur, semoga bantuan yang telah disalurkan memberikan keberkahan dan manfaat untuk mereka dan dapat berbuah pahala di sisi Allah SWT. Aamiin ya rabbal’alaamiin…

Majelis Telkomsel Taqwa Bersama Baitulmal Tazkia, Salurkan Sedekah Beras Nusantara Untuk Santri-Santri Kabupaten Bogor

(Bogor) Majelis Telkomsel Taqwa dan Baitulmal Tazkia menyalurkan Sedekah Beras Nusantara untuk para santri-santri penghafal Al Qur’an di Kabupaten Bogor. Program Sedekah Beras Nusantara ini memang terfokus untuk para santri-santri pondok pesantren yang masih berstatus pesantren Salaf atau Kobong, dimana santri-santri yang belajar di pesantrennya tidak dipungut biaya pendidikan.

“Seminggu ini kami menyalurkan beras-beras amanah dari para donatur Majelis Telkomsel Taqwa dan Baitulmal Tazkia untuk para santri-santri penghafal Al qur’an yang berpesantren di pesantren yang masih kecil atau istilahnya adalah pesantren Salaf atau kobong, karena pesantren-pesantren tersebutlah yang terpenting kita bantu, hal ini karena para ustd, para kiyainya tidak pernah menaruh biaya kepada walisantrinya”  tutur Asep tim program Baitulmal Tazkia.

Ia menambahkan, bahwa terdapat enam pondok pesantren yang menjadi target penyaluran Sedekah Beras Nusantara itu.

“Adapun Pesantren yang kami salurkan meliputi, Pondok Pesantren Shoful Fatta Kec Bojong Gede, Pesantren Nurul Iman dan Pesantren As Sogiri yang terletak di Kecamatan Rumpin, Pondok Pesantren Qoryyah Thoyibbah Al Mughni, Pesantren Al Hikmah dan Pesantren Darussalam di Kecamatan Cigudeg, semua berada di Kabupaten Bogor”

Total penerima manfaat program Sedekah Beras Nusantara ini sebanyak 410 Santri penghafal Al Qur’an.

Ust Dayat selaku dewan pengasuh pondok pesantren Nurul Iman mewakili dalam penyaluran program Sedekah Beras Nusantara, menyampaikan ucapan terimakasih kepada para donatur Majelis Telkomsel Taqwa dan Baitulmal Tazkia.

“Kami mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada para donatur Majelis Telkomsel Taqwa dan Baitulmal Tazkia, semoga butir-butir beras yang kami konsumsi dapat berbuah keberkahan dan berlipat pahala untuk para donatur, serta semoga program ini dapat terus berkelanjutan”

(Saefaz Azis)

KOMPILASI! Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa #SigapBencana Banjir Cilacap

Hujan deras yang menguyur Kabupaten Cilacap pada Selasa (1/30) malam hari, membuat lima desa di kecamatan Majenang terendam banjir kembali, yaitu Desa Mulyasari, Desa Sindang Sari, Desa Padangsari, Desa Cilopadang, dan Desa Pandangjaya . Banjir merendam rumah warga hingga 1,5 meter.

Evakuasi Warga
Sejak awal banjir, tim #SigapBencana Baitulmal Tazkia membantu warga untuk evakuasi. Mulai pukul 22:00 tim #SigapBencana Baitulmal Tazkia Berkerja sama dengan masyarakat lokal, mengamankan warga yang terendam air ke posko sementara hingga 02:00 dini hari. Terhitung sebanyak 2.000 jiwa tim #SigapBencana mengamankan warga yang terendam air banjir.

Dirikan Posko Bencana
Baitulmal Tazkia dan masyarakat sekitar mendirikan posko untuk para Penyintas bencana Banjir Cilacap. Posko ini didirikan di SMP Diponegoro Majenang.

“Pendirian posko ini didirikan bertujuan untuk mempermudah dalam pendistribusian bantuan dan memfasilitasi para donatur untuk membantu para Penyitas Banjir Cilacap” Tutur Azis ketua posko Baitulmal Tazkia.

Dirikan Dapur Umum
Baitulmal Tazkia bekerja sama dengan Majelis Telkomsel Taqwa mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan warga terdampak banjir Kabupaten Cilacap. Dapur umum ini didirikan di desa Sindang Sari, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap.

Bermula dari Dapur umum ini, Setiap harinya tim #SigapBencana mendistribusikan makanan siap saji kepada 1.000 warga yang terdampak banjir. Meliputi warga Desa Mulyasari, Desa Sindang Sari, Desa Padangsari, Desa Cilopadang, dan Desa Pandangjaya Kecamatan Majenang.

Sebanyak 14 relawan lokal turut bahu membahu memasak untuk para Penyitas Banjir Kabupaten Cilacap.

“Pendistribusian Makanan Siap Saji ini kami Insya Allah akan rutin setiap harinya mendistribusikan kepada para Penyitas Banjir Kabupaten Majenang, yang akan didistribusikan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari” Ujar Asep ketua tim #SigapBencana Banjir Cilacap

Layanan Kesehatan Gratis
Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa memberikan layanan kesehatan Gratis kepada para Penyitas Banjir Cilacap. Layanan Kesehatan Gratis ini di berikan kepada warga dusun Benda, Desa Padang Jaya Kecamatan Majenang.

Sebanyak 250 KK mendapatkan manfaat dari program Layanan Kesehatan Gratis dari Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa.

“Sejauh ini penyakit yang di derita para korban bencana banjir meliputi sakit kepala, gatal-gatal, diare, dan flu” tutur dokter Raditiya yang menangani layanan kesehatan Gratis dari Baitulmal Tazkia Majelis Telkomsel Taqwa.

“Saya Pak Tursimi selaku kepala Dusun Benda, mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyak nya untuk Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa yang sudah mau peduli kepada masyarakat kami, mulai dari Evakuasi, Makanan siap saji dan Layanan Kesehatan Gratis. Semoga segenap donatur mendapatkan pahala yang setimpal oleh Allah SWT, Amin.” Ucap Tursimi Kepala Dusun Benda, Desa Padang Jaya, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap.

Pengurasan Sumur

Banjir yang merendam wilayah Kec Majenang Kabupaten Cilacap, juga menyebabkan sumber air masyaraklat yaitu sumur warga kotor dan keruh. Hal ini yang membuat kami relawan Baitulmal Tazkia bekerjasama dengan masyakarat sekitar untuk melakukan program pengurasan sumur yang terdampak banjir. Terdapat 50 sumur yang berhasil relawan Baitulmal Tazkia kuras.

Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa selalu Sigap untuk menolong para Penyitas Banjir Cilacap. Terimakasih segenap elemen masyarakat yang sudah bahu membahu saudara-saudara kita di Cilacap. Semoga harta yang anda donasikan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan berbuah keberkahan bagi sahabat dan keluarga.

Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa Berikan Layanan Kesehatan Gratis Untuk Penyitas Banjir Cilacap

Jum’at (04/30), Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa memberikan layanan kesehatan Gratis kepada para korban dan Penyitas Banjir Cilacap. Layanan Kesehatan Gratis ini di berikan kepada warga dusun Bojong Sari, Desa Mulyasari Kecamatan Majenang.

Meski dalam kondisi Pandemi Covid-19, tim #SigapBencana Baitulmal Tazkia dalam mengadakan layanan kesehatan Gratis ini, tetap menggunakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak antara pasien.

Sebanyak 250 KK mendapatkan manfaat dari program Layanan Kesehatan Gratis dari Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa.

“Sejauh ini penyakit yang di derita para korban bencana banjir meliputi sakit kepala, gatal-gatal, diare, dan flu” tutur dokter Raditiya yang menangani layanan kesehatan Gratis dari Baitulmal Tazkia Majelis Telkomsel Taqwa.

“Saya Pak Boing selaku ketua RT 05/08, mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyak nya untuk Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa yang sudah mau peduli kepada masyarakat kami, mulai dari Evakuasi, Makanan siap saji dan Layanan Kesehatan Gratis. Semoga segenap donatur mendapatkan pahala yang setimpal oleh Allah SWT, Amin.” Ucap Pak Boing salah satu RT di Desa Mulyasari, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap.

Selain memberikan layanan kesehatan Gratis ini, tim #SigapBencana Baitulmal Tazkia pun menyalurkan makanan siap saji dan snacks untuk para pasien

“Jadi ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah periksa, nanti di ujung kanan keluar akan ada pemberian makanan siap saji dan snack dari Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa” Tutur Azis saat menerangkan alur pasien periksa di pengobatan Layanan Kesehatan Gratis ini.

Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa selalu Sigap untuk menolong para korban dan Penyitas Banjir Cilacap. Terimakasih segenap elemen masyarakat yang sudah bahu membahu saudara-saudara kita di Cilacap. Semoga harta yang anda donasikan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan berbuah keberkahan bagi sahabat dan keluarga.

Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir Cilacap

Rabu (2/30) Baitulmal Tazkia bekerja sama dengan Majelis Telkomsel Taqwa mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan warga terdampak banjir Kabupaten Cilacap. Dapur umum ini didirikan di desa Sindang Sari, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap.

Bermula dari Dapur umum ini, Setiap harinya tim #SigapBencana mendistribusikan makanan siap saji kepada 1.000 warga yang terdampak banjir. Meliputi warga Desa Mulyasari, Desa Sindang Sari, Desa Padangsari, Desa Cilopadang, dan Desa Pandangjaya Kecamatan Majenang.

Sebanyak 14 relawan lokal turut bahu membahu memasak untuk para Penyitas Banjir Kabupaten Cilacap.

“Pendistribusian Makanan Siap Saji ini kami Insya Allah akan rutin setiap harinya mendistribusikan kepada para korban dan Penyitas Banjir Kabupaten Majenang, yang akan didistribusikan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari” Ujar Asep ketua tim #SigapBencana Banjir Cilacap

“Terimakasih Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa yang sudah memberikan kami, Makanan Siap Saji, ini sangat bermanfaat karena banyak peralatan dapur kami terendam Banjir. Semoga harta anda berbuah pahala dan keberkahan dari Allah SWT” Tutur Darsono warga desa Cilopadang yang menerima program makanan siap saji

Baitulmal Tazkia dan Majelis Telkomsel Taqwa selalu Sigap untuk menolong para Penyitas Banjir Cilacap. Terimakasih segenap elemen masyarakat yang sudah bahu membahu saudara-saudara kita di Cilacap. Semoga harta yang anda donasikan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan berbuah keberkahan bagi sahabat dan keluarga.

Benah Rumah Ibu Nur

Hari ini ibu Nur tersenyum lebar dan bersyukur, karena rumahnya yang sebulan lalu Roboh kini kembali berdiri kokoh.

Rumah yang menjadi peneduh itu dulu Roboh akibat dimakan usia, saat berjualan sayur di depan rumah, dan mengenai diri ibu Nur. Kayu kayu sudah tak mampu menahan berat genteng yang setiap harinya terkena hujan dan panasnya terik matahari.

Alhamdulillah Kini, ibu Nur tak perlu khawatir akan rumahnya. Rumah ibu Nur sudah berdiri dengan Kokoh, dan berdiri pula warung semi permanen untuk berjualan sayur setiap harinya.

Alhamdulillah, terima kasih segenap donatur yang sudah berpartisipasi dalam program Benah Rumah Ibu Nur. Semoga sekecil apapun yang sahabat donasikan dapat berbuah pahala di sisi Allah SWT. Amin

Baitulmal Tazkia Berikan Santunan Ke Mawar, Anak Korban Kebakaran

Senyum Mawarda Aulia Anwar atau yang kerap dipanggil dengan Mawar merekah saat kami tim Baitulmal Tazkia, berkunjung kediamannya, di Kampung Bedahan Kec Sawangan Kota Depok.

24 Agustus silam, Mawar terkena luka bakar di hampir seluruh tubuhnya. Saat bermain ia bersama teman-temannnya, di dekat pom bensin mini tak sengaja terkena bensin yang tumpah, dan saat hendak dibersihkan ternyata ada sulutan putung rokok yang menyambar pada tubuh Mawar.

Si jago merah langsung menyambar di kaki mawar yang masih bersekolah kelas enam tersebut, merambat hingga hampir seluruh tubuhnya. Lalu ia di larikan ke rumah sakit terdekat. Karena kekurangan biaya, orang tuanya akhirnya menarik paksa keluar dari rumah sakit, dan di rawat di rumah, dengan obat yang diberikan oleh dokter dengan harga yang murah.

Ayah nya yang hanya berprofesi sebagai supir angkot, tak sanggup banyak membantu biaya pengobatannya.

“Ayah nya Mawar cuma supir angkot no 03, jurusan Parung – Depok yang sehari hanya dapat uang 30.000 s.d 40.000 per hari, gak sanggup banyak untuk biaya pengobatannya” Ucap Hana, ibu kandung Mawar yang berprofresi sebagai ibu rumah tangga.

Alhamdulillah, saat ini kondisi Mawar sudah cukup pulih, mari kita bersama-sama mendoakan Mawar agar dapat beraktivitas dan bersekolah seperti sedia kala. Aaminn

Penyaluran #SigapBencana Banjir Bandang Garut

Tim #SigapBencana Baitulmal Tazkia Salurkan Logistik Kepada Para Penyintas Banjir Bandang Garut

Banjir Bandang Garut masih menyisihkan luka dalam bagi masyarakat Kecamatan Pameungpeuk dan sekitarnya. Alhamdulillah Sabtu (24/10) Tim Sigap Bencana Baitulmal Tazkia menyalurkan bantuan kepada penyintas Banjir Bandang Garut. Tepatnya untuk masyarakat di kecamatan Cisompet dan kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa membantu saudara kita di Garut yang terkena musibah banjir bandang. Adapaun penyaluran ini meliputi paket sembako dan alat masak kepada warga. Sebanyak 150 Kepala keluarga menjadi penerima manfaat pendistribusian bantuan ini” Jelas Asep selaku tim program #SigapBencana.

“Paket Sembako ini meliputi: beras, telur, mie instan, minyak goreng, kecap, garam, biskuit dan makanan ringan. Sedangkan Alat masak meliputi Kompor gas, selang dan regulator.” imbuh ketua program tersebut.

Di lokasi penyaluran bantuan, Aat (50) salah satu penyintas bencana banjir bandang Garut, menuturkan
“rumah saya hancur terbawa banjir bandang semuanya habis tidak ada barang-barang yang tersisa hanya tersisa pakaian saja, dapat sembako tapi tidak ada peralatan memasaknya seperti kompor dan peralatan lainnya. Sejak dua minggu lalu saya kadang minta tolong ke relawan-relawan yang masih ada posko”

“Syukur Alhamdulillah hari ini saya mendapatkan bantuan dari Baitulmal Tazkia berupa kompor dan peralatan lainnya. Terima kasih Baitulmal Tazkia, semoga para donatur yang telah meyisihkan hartanya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT” Imbuh pria yang saat ini menjabat ketua RW 04 Kampung Cigodeg Desa Paas Kecamatan Pameungpeuk

Open chat
Assalamu'alaikum Sahabat Baitulmal Tazkia
Ada yang bisa kami bantu?

Chat kami di sini