6 Hikmah Berqurban Untuk Kita

Sebagai kaum mislimin, hikmah ibadah qurban sangat terasa, baik bagi para pekurban maupun penerima manfaat. Setidaknya ada enam hikmah kita untuk kita dalam berqurban.

  1. Sebagai ibadah yang dicintai Allah SWT.

Kurban mengingatkan kita akan pentingnya bersyukur dari segala macam rezeki dan kecukupan yang telah didapat selama ini. Jika sudah mampu secara finansial, hendaknya kita jalankan ibadah ini karena Allah SWT mencintai hamba-hambaNya yang berbuat demikian.

  1. Mengenang ujian kecintaan Allah kepada Nabi Ibrahim.

Ibadah qurban berangkat dari pengalaman Nabi Ibrahim AS yang mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Dengan ketaatannya kepadaNya dan kasih sayangnya kepada Nabi Ismail AS, Nabi Ibrahim AS menaatinya. Namun saat hendak melakukan penyembelihan, Nabi Ismail AS diganti dengan kambing gibas.

  1. Sebagai Misi Kepedulian Kepada Sesama.

Qurban tak bisa lepas dari kata berbagi kepada sesama. Dengan berqurban, kita bisa membahagiakan para penerima manfaat. Allah SWT juga menjanjikan rezeki dan pahala berlipat ganda bagi hambaNya yang membahagiakan penerima manfaat qurban.

  1. Sebagai Syiar Islam

Dengan berqurban, secara tidak langsung kita turut menyebarkan syiar Islam. Melalui Surah Al-Hajj ayat 22, Allah SWT telah memerintahkan hambaNya untuk senantiasa menyebarkan dan menyerukan syariat Islam kepada hewan banyak. Salah satunya adalah ibadah qurban bagi yang mampu.

  1. Setiap Helai Bulu Hewan Qurban Akan Dibalas Satu Kebaikan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadist riwayat Ahmad dan Ibnu Majah.

“Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnah bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu? Rasulullah menjawab: “Setiao satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan” (H.R. Ahmad dan Ibnu Majah)

  1. Sebagai Ciri Keislaman Seseorang.

Hikmah dalam berkurban yang keenam yaitu sebagai usaha kita dalam melakukan syiar Islam. Melaksanakan ibadah kurban juga sebagai bentuk kepatuhan kita terhadap ajaran Rasulullah SAW dan Allah SWT.

Jadi, tunggu apa lagi?
Yuk berkurban sekarang.

Qurban mudah melalui:

sahabatkebaikan.com/qurban

Atau melalui rekening kami di
*BSI 7092-233345 A.N Yayasan Tazkia

Layanan Qurban
☎021-87962177
📱0813-3888-8455

Open chat
Assalamu'alaikum Sahabat Baitulmal Tazkia
Ada yang bisa kami bantu?

Chat kami di sini