Baitulmal Tazkia Adakan Training of Trainer Pemberdayaan Kampung Teladan

Baitulmal Tazkia Berikan Layanan Kesehatan Gratis Ke Pengungsian Cisarua
February 24, 2020

Baitulmal Tazkia Adakan Training of Trainer Pemberdayaan Kampung Teladan

Selasa (3/3) – Baitulmal Tazkia adakan Training of Trainer Kampung Teladan di ruang Meeting Baitulmal Tazkia bersama Sigit Iko Sugondo, selaku CEO Ikomunitas Consulting. Training of Trainer ini melatih delapan amil zakat Baitulmal Tazkia sebagai pelaksana yang terjun langsung dalam program pemberdayaan kampung tersebut.

Selama tiga hari, dimulai dari Selasa hingga Kamis para amil dilatih memberdayakan masyarakat kampung binaan Baitulmal Tazkia. Para amil diajarkan menggunakan metode pengkajian Rapid Rural Appraisal (RRA)

“Saat ini metode yang digunakan untuk para amil Baitulmal Tazkia menggunakan Rapid Rural Appraisal (RRA). Dimana metode ini digunakan untuk para expert atau pihak luar dari kampung tersebut pada hal ini adalah para amil Baitulmal Tazkia” Ucap Iko Sigit Sugondo saat melatih para amil.

Dihari pertama, Selasa mulai pukul 09:00 sampai dengan 12:30 para amil diberi pemahaman mengenai identifikasi masalah dan potensi yang ada di kampung binaan secara teori. Selanjutnya di pukul 13:30 hingga 18:00 para amil diterjunkan langsung ke kampung binaan Baitulmal Tazkia untuk mengidentifikasi masalah dan potensi yang ada.

“Tujuan penerjunan langsung ke kampung binaan ini, yaitu untuk menghindari bias dan data yang diperoleh bersifat objektif sehingga kita dapat membuat program yang relevan dengan kondisi kampung tersebut” jelas CEO Ikomunitas Cunsulting tersebut.

Para amil menganalisis dua kampung binaan Baitulmal Tazkia, yaitu Kampung Cicadas Desa Babakan Madang dan Kampung Bojong Gaok Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang.

Dihari kedua, Rabu, Para amil Baitulmal Tazkia diajarkan terkait analisa pengkajian masalah meliputi sebab, akibat dan konsekuensi. Selain itu para amil pun membuat Problem Tree Analysis (PTA) disetiap sektor-sektor program yang meliputi Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan dan Keagaamaan.

Pada sesi terakhir, Kamis, Training of  Trainer ini berujung pada pemecahan solusi terhadap masalah yang ada di kampung binaan Baitulmal Tazkia. Pemberian solusi meliputi seluruh indikator yaitu kesehatan, ekonomi, pendidikan dan keagamaan.

“Alhamdulillah dengan adanya Training ini, membuka wawasan saya. Bahwa pembuatan program untuk pemberdayaan tidak bisa berdasarkan subjektifitas kita sendiri, namun harus bersifat objektif” ucap Asep selaku team Program memberikan kesan pesan tentang Traning of Traniner Pemeberdayaan Kampung Teladan.

Program Training of Trainer akan berlanjut, terkhusus untuk para pendamping yang berada di kampung binaan Baitulmal Tazkia.

“Kedepan kami akan memberikan Training of Trainer kepada para pendamping kami bersama Bapak Sigit Iko Sugondo, supaya program yang diberikan relevan dengan kebutuhan kampung binaan kami yaitu dengan menggunakan metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA)” Tutur Asep.

(Saefaz Azis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalamu'alaikum....
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by