Darurat Air Bersih! Baitulmal Tazkia Tergerak Mendistribusikan Air Bersih dari Desa ke Desa!

Pak Wowo: Terimakasih Baitulmal Tazkia, Anak Saya Akhirnya dapat Bersekolah
July 15, 2019

Darurat Air Bersih! Baitulmal Tazkia Tergerak Mendistribusikan Air Bersih dari Desa ke Desa!

Bogor (28/08) –  Kekeringan melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Bogor. Meski Kota yang dijuluki dengan kota hujan, tidak lah luput dari bencana kekeringan. Menurut Sekertaris Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo menuturkan “Memang setiap tahun banyak wilayah alami kekeringan. Sekalipun di lereng Gunung Salak atau Gunung Gede Pangrango,” ujar Budi.

Budi melanjutkan keterangan bahwa, wilayah yang terkena dampak bencana kekeringan meliputi wilayah bagian barat Kecamatan Ciampea, Cibungbulang, Cigudeg, Sukajaya, dan Kecamatan Tenjo.

Kemudian wilayah timur, Kecamatan Babakan Madang, Citereup, Tanjungsari, Jonggol, dan Kecamatan Klapanunggal. Sedangkan di wilayah utara meliputi Kecamatan Rancabungur, dan Kemang juga diserang bencana kekeringan ini.

Selanjutnya di wilayah selatan meliputi beberapa desa di Kecamatan Cisarua, Megamendung, Caringin, dan Cigombong.

Baitulmal Tazkia, sebagai lembaga zakat yang fokus pada kegiatan sosial melihat kondisi yang memperihatinkan ini bergerak untuk mendistribusikan air bersih ke seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor. Rabu (28/08) Baitulmal Tazkia telah melakukan distribusi air bersih ke seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor, di mulai dari kecamatan Babakan Madang dan ke kecamatan yang membutuhkan lainnya. Tersalurkan dua truk tangki air, sebanyak 1.200 liter disalurkan ke masyarakat kampung Cimanggurang Desa Cijayanti Kec Babakan Madang.

“Kita mentargetkan untuk penyaluran air sebanyak 50 tangki dalam dua pecan di setiap desa yang mengalami kekeringan di Kab Bogor” tutur Esti team program Baitulmal Tazkia

Iwan, Direktur Baitulmal Tazkia menambahkan harapan dalam program penyaluran air bersih ini.

“Harapannya dengan distribusi Air Bersih ini, kita dapat saling membantu sesama yang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga masyarakat. Karena meninggat kekringan kali ini sudah masuk dalam status bencana” Tutur Iwan, selaku Direktur Baitulmal Tazkia.

Dengan program ini masyarakat merasakan terbantukan seperti halnya yang dituturkan oleh Oman (45). “Alhamdulillah sekali mas, terimakasih dengan adanya program penyaluran air bersih ini, karena sumur kami sudah kering tidak bisa untuk konsumsi. Kita harus berjalan 3 km untuk ke sungai dan itu pun hanya untuk bisa mandi cuci kakus, tidak bisa untuk konsumsi” imbuh Oman selaku ketua RT/RW 04/02 dengan raut bahagia.

Baitulmal Tazkia merupakan lembaga zakat resmi melayani masyarakat sejak tahun 2013 melalui program-program Kemanusiaan (Unit Tanggap Bencana Tazkia, dan Bantuan Pasca bencana), Pendidikan (Baitul Quran, Beasiswa, Bantuan Sekolah dan Training guru), Kesehatan (Klinik Tazkia, Ambulance Sehati dan Ambulan Layanan Jenazah) Muallaf Centre (Pelatihan dan Wisma Muallaf) dan Pemberdayaan ekonomi (Modal Usaha, Pendampingan dan Islamic Microfinance). (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *