Baitulmal Tazkia #SigapBencana Tsunami Selat Sunda

Update Berita #SigapBencana Palu, Sigi dan Donggala
October 31, 2018
Pak Wowo: Terimakasih Baitulmal Tazkia, Anak Saya Akhirnya dapat Bersekolah
July 15, 2019

Baitulmal Tazkia #SigapBencana Tsunami Selat Sunda

Senin, (7/1) Team Program #SigapBencana Baitulmal Tazkia kembali turun membantu korban bencana tsunami selat sunda. Tsunami yang menelan korban jiwa sebanyak 431 jiwa (BNPB) ini memberi dampak kerugian yang tidak sedikit. Team Program #SigapBencana Baitulmal Tazkia ikut serta turun membantu para korban tsunami selat sunda.

Selama sepekan team Program #SigapBencana Baitulmal Tazkia bergeliya menyisiri dan menyalurkan program untuk para korban tsunami. Ada pun program-program yang sudah disalurkan kami rangkum kegiatan berikut ini:

  1. Layanan Kesehatan Gratis

Team medis kesehatan Baitulmal Tazkia memberikan pengobatan dan cek kesehatan gratis untuk para korban terdampak bencana tsunami selat sunda. Layanan kesehatan gratis ini bersifat mobile keliling dari satu desa ke desa yang lain. Yaitu di kampung Cibenda, Desa Sukarame, Kec Carita yang terdapat 120 jiwa dan di kampung Kadongdong Desa Banjarmasin Kecamatan Carita, Kab Pandeglang, Banten yang dihuni oleh 270 jiwa.

“Alhamdulillah melalui program kesehatan gratis ini, saya Lulung Wijaya selaku masyarakat desa Banjarmasin mengucapkan sebesar-besarnya untuk Baitulmal Tazkia, sehingga masyarakat disini dapat berobat tanpa memikirkan biaya” ucap Lulung selaku masyarakat Desa Banjarmasin, saat ditemui setelah berobat di Layanan Medis Baitulmal Tazkia

2. Pemberi Makanan Tambahan

Guna memberikan gizi yang terbaik untuk para anak-anak terdampak korban bencana tsunami selat sunda, Team program #SigapBencana Baitulmal Tazkia juga menyalurkan pemberian makanan tambahan kepada  anak-anak terdampak bencana tsunami, sebanyak 200 anak menerima program ini yang disalurkan sekitar kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang – Banten.

3. Dapur Umum Baitulmal Tazkia

Baitulmal Tazkia bekerjasama dengan LAZ Al Azhar dan World Central Kitchen turut mendistribusikan makanan siap saji untuk para korban terdampak bencana tsunami selat sunda. Selama sepekan program distribusi makanan siap saji ini dilakukan rutin dan sebanyak 2.000 jiwa menerima program makana siap saji Baitulmal Tazkia.

Salah satu anggota World Central Kitchen asal German, Carsten menuturkan bahwa tujuan distribusi makanan siap saji tidak lebih untuk menjaga gizi para korban tsunami selat sunda.

“Harapan dari program ini, semoga para korban yang terdampak bencana tsunami selat sunda tetap mendapatkan gizi yang terbaik dan dapat menjalani kegiatan sehari-hari dengan penuh semangat”  tutur Carsten dengan Bahasa Indonesia yang berlogat Bahasa Inggris saat ditemui ditengah-tengah pendistribusian makanan siap saji.

Selain distribusi makanan siap saji team #SigapBencana Baitulmal Tazkia juga turut mendirikan Dapur umum untuk pengungsi di kampong Cibenda, Desa Sukarame Kec Carita Kab Pandeglang – Banten yang dihuni oleh 210 jiwa.

  4. Trauma Healing

Demi memulihkan trauma para korban akan kejadian tsunami selat sunda, team #SigapBencana Baitulmal Tazkia juga turut mengirimkan team trauma healing untuk anak-anak korban terdampak. Trauma healing yang monotori oleh Iwan ini, mendapatkan respond yang sangat antusias oleh anak-anak korban terdampak tsunami selat sunda.

Terletak di dua titik, yaitu di SMP N 2 Labuan dan Posko pengungsian Kp Cibenda Desa Sukarame Kec Carita, membuat senyum anak-anak kembali ceria dan riang.

Demikian empat program #SigapBencana Baitulmal Tazkia untuk korban terdampak bencana Tsunami Selat Sunda yang telah Baitulmal Tazkia salurkan. Trimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam program #SigapBencana semoga sekecil apapun amal yang telah diberikan dapat berbuah pahala di sisi Allah SWT, amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *