Update Berita #SigapBencana Palu, Sigi dan Donggala

Sigap Bencana Gempa Lombok
September 19, 2018
Baitulmal Tazkia #SigapBencana Tsunami Selat Sunda
January 23, 2019

Update Berita #SigapBencana Palu, Sigi dan Donggala

Baitulmal Tazkia pada 17-20 Oktober 2018 lalu bersama dengan CIMI (Cahaya Islam Mutiara Imani) menyalurkan berbagai bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu, Donggala dan Sigi Sulawesi Tengah. Bantuan tanggap darurat berupa logistik kebutuhan pokok, pakaian, terpal tenda, air maupun dalam bentuk trauma healing telah dikirimkan ke beberapa posko pengungsian yang ada di lokasi. Di antaranya yaitu Posko utama di Sekolah Al Azhar Jl Diponegoro 74 Palu, Posko 2 yang terletak di Desa Sidera Kabupaten Sigi, serta Posko 3 yang berada Ponpes Yaspia Wani Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala.

Trauma Healing

 

Program bantuan trauma healing diberikan kepada para korban terutama anak-anak untuk memulihkan kembali semangat mereka. Taruma, syok, kesedihan yang mendalam, dan berbagai kondisi psikis korban akibat kehilangan sanak saudara maupun keluarga merupakan salah satu hal penting dalam pemulihan kehidupan masyarakat. Kami berharap dengan kegiatan seperti Trauma Healing ini mampu menghadirkan senyum mereka kembali dan siap hadapi hari-hari berikutnya dengan penuh optimisme. Kegiatan ini diselenggarakan di tiga desa yaitu Desa Wani, Desa Paburan Kab Donggala, dan Desa Sidera kab Sigi dan diikuti sebanyak 500 jiwa di pengungsian setempat.

 

Bantuan Logistik

Selain mengirimkan bantuan psikis, kami juga mengirimkan bantuan dalam bentuk fisik berupa bantuan logistik kebutuhan pokok darurat seperti beras, telur, minyak goreng, dan air mineral untuk ketiga posko. Sebanyak 3 Ton beras dan 1 Kwintal telur dan 600 liter minyak goreng. Bantuan ini diterima oleh 3.500 jiwa yang tersebar tiga titik lokasi Pos Baitulmal Tazkia. Meliputi, Desa Wani, Desa Paburan Kab Donggala, dan Desa Sidera kab Sigi.

Bantuan Terpal

Kami menyadari bahwa kebutuhan bahan pangan pokok tidaklah cukup dan menunjang kebutuhan di pengungsian. Oleh karenanya kami juga mengirimkan bantuan terpal dan tenda untuk keperluan mendesak di pengungsian. BSebanyak 350 Pcs Terpal yang didistributiksan kepada 350 KK di tiga titik lokasi Pos Baitulmal Tazkia yang meliputi, Desa Wani, Desa Paburan Kab Donggala, dan Desa Sidera kab Sigi.

Bantuan Air Bersih

Selain kebutuhan pangan dan papan darurat yang diberikan kepada para korban, kami juga menyalurkan bantuan berupa air bersih untuk keperluan MCK. Sebanyak 250 KK menerima program Air Bersih dari Baitulmal Tazkia yang bekerja sama dengan CIMI (Cahaya Islam Mutiara Imani). Sebanyak 25.000 liter air bersih di distribusikan ke warga Desa Wani, Desa Paburan Kab Donggala, dan Desa Sidera kab Sigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *